tujuh MV Idol Grup yang Membawa Unsur Kebudayaan Korea: Ada BLACKPINK – BTS Yang Keren Abis!.

tujuh MV Idol Grup yang Membawa Unsur Kebudayaan Korea: Ada BLACKPINK - BTS Yang Keren Abis!.

Kapanlagi. com – Semakin meningkatnya vitalitas dan ketertarikan banyak orang terhadap segala hal berbau K-Pop, yang menyebabkan saat ini tak hanya tentang idol   ataupun fashion   yang terkenal, tetapi hingga budaya mungkin pun menjadi perbincangan di mancanegara.

Tak terkecuali beberapa idol seperti BTS  dan BLACKPINK  yang turut memperkenalkan unsur kultur Korea lewat berbagai karya laksana dalam music gambar   yang digabungkan dengan elemen tradisional. Hal tersebut menjelma daya tarik tersendiri karena adanya percampuran antara musik modern & unsur tradisional yang ditampilkan bertentangan dari yang lain.

Bagaikan apa unsur kebudayaan yang tampil dalam MV para idol   grup itu? Yuk kita lihat bersama!

satu. HOW YOU LIKE THAT- BLACKPINK

Baru saja melangsungkan comeback dengan lagu terbaru berjudul HOW YOU LIKE THAT , BLACKPINK membuat penggemar salah pokok dengan salah satu outfit yang dikenakan. Menyatukan unsur tradisional dan modern dalam pakaiannya, mereka mengenakan hanbok atau baju tradisional Korea yang dipadukan secara style modern ini semakin terlihat cantik dikenakan oleh BLACKPINK .

2. IDOL- BTS

Selalu memiliki konsep MV yang unik, kali ini BTS merilis music video bertajuk IDOL yang memadukan berbagai unsur kebudayaan Korea. Dengan memasukkan instrumen alat musik tradisional seolah-olah kkwaenggwari (gong kecil), gakgung (busur), dan janggu (gendang tradisional), lagu ini semakin terasa nuansa Korea.
Adanya pendopo kuning khas Korea yang dikenal paljak-jiboong juga cukup mendominasi. Ditambah secara member BTS yang mengenakan durumagi atau luaran semacam jaket panjang yang biasa digunakan pria dewasa pada zaman Joseon . Waduh, memang daebak !

3. FOLLOW- MONSTA X

Turut menggabungkan kultur Korea dalam lagunya, instrumen rani FOLLOW ini memiliki ciri khas yaitu suara terompet yang berasal lantaran taepyeongso , yakni alat musik tiup tradisional Korea yang mirip dengan terompet. Di dalam music video juga para member mengenakan pakaian yang terinspirasi dari hanbok yang semakin menonjolkan kebudayaan Korea.

4. LIT- ONEUS

Dalam music video LIT ini sungguh banyak ditampilkan nuansa kebudayaan Korea. Mulai dari para member yang mengenakan hanbok yang bernuansa modern maka intro lagu yang dibuka secara suara khas gayageum menjadikan lagu itu sangat mudah menempel di kuping. Sangat detail, bahkan dalam music video ini juga terdapat istana, penari rakyat, dan gendang Korea dengan bisa menambah wawasanmu saat menonton dan mendengarkan lagu ini.

5. PIRI- Dreamcatcher

Kata PIRI berasal dari nama kendaraan musik tradisional Korea, alat irama tersebut terbuat dari bambu yang mempunyai lubang di depan dan dalam belakang, bisa dibilang sekilas mendekati seruling. Dengan musik rock dan perkakas PIRI yang mencolok, menjadikan lagu ini sangat unik dan membuat penggemar ingin mendengarkannya terus-menerus.

6. FIANCE- MINO

Corak bergenre Trot Hiphop ini memang terinspirasi dari lagu trot di tahun 1969 yang berjudul SOYANGYANG MAIDEN . Lagu yang sangat unik ini menggunakan ejaan usang yang menyebutkan kata FIANCE atau Anaknae yang berarti “wanita” dan secara khusus merujuk pada istri pria lain dalam bahasa Korea. Dalam music video tersebut Mino menunggu sang perempuan pegari yang dikemas dengan pakaian tradisional Korea dan suasana kerajaan.

7. SHANGRI-LA- VIXX

Lagu dengan ciri khas oriental pada lagu SHANGRI-LA ini dibuka secara petikan instrumen tradisional asal Korea berupa kecapi dengan 12 senar yaitu Gayageum yang dilantunkan bersama dengan musik elektro pada awal gaya. Ditambah dengan koreografi yang baik menggunakan kipas tangan tradisional jadi menampilkan kesan elegan pada pada setiap gerakan. Menjadikan music video ini wajib banget kalian tonton!

Lantaran berbagai konsep music video para idol persekutuan yang membawa unsur tradisional Korea semuanya memang keren banget, akan tetapi MV mana yang jadi kesayangan kalian?

Penulis: Safira Damayanti

Mari Baca Ini Juga